Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Seni Menjual dan Teknik Promosi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

  • Arini Hidayati
Keywords: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, PBL

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah pada pokok bahasan seni menjual dan teknik promosi.  Penelitian  ini  merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang terdiri dari tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap  yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas XI TOKR 1 SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto yang berjumlah 30  siswa.  Analisis data  yang  digunakan dalam  penelitian  ini adalah teknik  analisis  kualitatif.  Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan  masalah dapat  meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Kewirausahaan materi Seni Menjual dan Teknik Promosi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, dkk. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, dkk, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kunandar.2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Asa Mandiri.
Nur. M. 2008. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Nur. M. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Oemar, Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2019-07-30
Section
Articles