Pemberian Markovnikov Gym Untuk Meningkatkan Pemahaman Proses Reaksi Adisi Pada Materi Kimia Organik

  • Mohamad Mahfud
Keywords: Markovnikov Gym, Reaksi Adisi, Kimia Organik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami proses reaksi adisi bagi siswa setelah pemberian Markovnikov Gym. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengenalan dan pemahaman bagi siswa  dengan pemberian Markovnikov-Gym bagi siswa kelas XII- IPAE SMAN 1 Singosari  pada materi reaksi adisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya kenaikan jumlah siswa yang berhasil mengenal dan memahami reaksi adisi dan bagian- bagiannya dari 3 siswa (7,31%), meningkat menjadi 32 siswa (78%) pada siklus pertama dan menjadi 40 siswa (97,56%) pada siklus kedua.

References

De Porter, Bobbi dan Mike Hernacki, 1992. Quantum Learning , Bandung :Kaifa.
Muhajir, 2004. Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek: Jakarta : Erlangga
Nasional, Departemen Pendidikan ,2006. Kurikulum 2006, Jakarta
Sport B. Downa Markova, 2003. Born ToBe Smart, Jakarta : Prestasi Pustaka Raya.
Usman Husaini, 2004 . Metodologi Penelitian Sosial , Jakarta : PT Bumi Aksara.
Published
2019-07-30
Section
Articles