Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe CIRC

  • Achmad Sjam
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, CIRC

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok Persamaan Linier dua variable melalui penerapan model pembelajaran CIRC di kelas VIII-J SMP Negeri 1 Pusakanagara Kabupaten Subang. Subyek penelitian terdiri dari 40 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Pebruari hingga Maret 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil ulangan, pada pra siklus rata-rata kelas hasil ulangan 60,5 dengan ketuntasan belajar 45%, siklus I rata-rata kelas 64 dengan ketuntasan 62,5% dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas yaitu 69,9 dengan ketuntasan minimal 82,5%.

References

As’ari, Abdurrahman (2005). Pemecahan masalah matematika – Pembelajaran dan Asesmennya. Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan di SBI Madania Bogor.
Boediono dan Ella Yulaewati, (1999). Penyusunan Kurikulum Berbasis Kemampuan Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Balitbang Dikbut. Oktober tahun ke 5, No. 019.
Boediono, (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Ennggen dan Kauchack. (1998). Strategies For Teachers. Teaching Content and Thinking Skills, New Jersey; Prentice Hall.
Engglish Lyn D.. (1995). Mathematies Education- Models and Processes. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.
Johnson, DW dan Johnson, RT. (1994). Learning together and alone: Cooperative, and individualistic learning. Boston: Allyn dan Bacon.
Johnson,.Elaine B. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc
Nur Mohamad. (1999). Pengajaran Berpusat kepada siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa.
Pujiastuti, Emi. (2002). Penerapan Pengajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) dalam Mata Pelajaran Matematika di SMP sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Laporan Penelitian Dosen Muda. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Suyitno, Amin dan Isnaeni Rosyida. (2002). Pembelajaran RME ( Realistic Mahtematies Education ) sebagai langkah inovasi Pendidikan Matematika dan Implementasinya di SMP. Laporan Penelitian Dosen Muda. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Slavin, Robert, E. (1995). Cooperative Learning Theory, Research and Practice. Second Edition. Boston : Allyn and Bacon Publisher.
Wiederhold, Chuck W, (2002). Higher – Level thinking. Melbourne: Kagan Cooperative Learning.
Published
2019-07-30
Section
Articles