Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Strategi Kerja Praktek Dengan Teknik Umpan Balik Dalam Menyusun RPP Inovatif

  • Achmad Wahid Hasjim
Keywords: Kompetensi Guru, Kerja Praktik, RPP Inovatif

Abstract

Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa kerja praktek terbilang memiliki dampak positif dalam meningkatkan model pembinaan RPP (Rencana Program Pembelajaran) Inovatif. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman peserta peltihan terhadap materi yang disampaikan nara sumber (ketuntasan kerja praktek meningkat dari sklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 60%, 73%, dan 87%. Pada siklus III ketuntasan kerja praktek secara klasikal telah tercapai. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas peserta kerja praktek dalam proses kerja praktek dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif terhadap kemampuan peserta kerja praktek yaitu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata peserta pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Aktivitas narasumber selama kerja praktek telah melaksanakan langah-langkah kerja praktek dengan baik.

References

Djoko Moesono & Sujono, 1998. 4, Jakarta: Depdibud.
Depdiknas, 2004. Pedoman Pengembangan Silabus, Jakarta.
Depdiknas, 2003. Pengembangan Silabus dan Penilaian , Jakarta.
Pujiati, 2004. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran di TK, Jogjakarta: PPPG Jogjakarta.
Depdiknas, 2006. Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta.
Oemar Hamalik, 1980. Media Pendidikan, Jakarta
Elly E, 1996. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jogjakarta: PPPG Jogjakarta.
Karim Muchtar A, 1999. Metodologi Pembelajaran, Jakarta.
Published
2019-07-30
Section
Articles