Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Strategi Kerja Praktek Dengan Teknik Umpan Balik Dalam Menyusun RPP Inovatif

  • Siti Rodiyah
Keywords: Kooperatif, Peluang Usaha, Kewirausahaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar model pembelajaran kooperatif  dapat membantu memotivasi siswa siswa dalam mengusai mata pelajaran kewirausahaan pada kompetensi dasar kemampuan menganalisis peluang usaha kelas XI-Tari.3 SMK Negeri 12 Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,  dan  refleksi dengan tiga siklus. obyek penelitian adalah kelas XI-Tari.3 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah dengan menggunakan metode survey dan hasil evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning) cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran karena mayoritas kelompok belajar berhasil menuntaskan pemahaman materi yang diberikan.

References

Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.
Budi Sulistyo, Hasan, Dkk. 2005. Kewirausahaan Untuk SMK. Jakarta: Erlangga
J.J. Hasibuan, Dip.Ed. dan Drs. Moedjiono, 2006, Proses Belajar Mengajar. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.
Maryanto. 2003. Kumpulan materi TOT Contextual Teaching and Learning versi transparan, Surabaya : TIM Instruktur CTL
Nur, Mohamad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa.
Prof. Dr. Rochiati Wiriaatmaja, 2006, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.
Raisul Muttaqin, 2004. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif Melvin L.Silberman. Bandung : Nusamedia dengan Nuansa.
Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah.
Published
2019-07-30
Section
Articles