Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Menulis Karangan Biografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

  • Dwi Ema Nurnaini
Keywords: Menulis Biografi, Pendekatan Kontekstual

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indoensia tentang menulis karangan biografi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dalam pelaksanaannya melalui dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Masing-masing siklus meliputi perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X-TB SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi guru dan siswa untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses belajar berlangsung, hasil belajar menulis untuk mengetahui peningkatan menulis siswa, hasil respon siswa untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata siswa Kelas X-TB SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto mengalami peningkatan, pada siklus I 61,16%, siklus II 81,62%.

References

Akhdiah, Sabarti. 1995. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.
Ardiana, Leo dan Kisyani Laksono.2004. Bahan Pelatihan IND/E/22 Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Arikunto, Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Effendi, Onong Uchjana.2002.Dinamika Komunikasi.Bandung:Rosda Karya
Kosasih, E. 2006. Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia.Bandung:Yrama Widya.
Keraf, Gorys.2016. Argumentasi dan Biografi. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama
Mafrukhi, dkk.2016. Kompeten Berbahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga
Musaba, Zulkifli.1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin : Sarjana Indonesia.
Nurhadi.2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang :Universitas Negeri Malang.
Nurudin.2016. Dasar-dasar Penulisan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Suparno dan M. Yunus.2016. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka
Sudijono, Anas.2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Tim Penyusun. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kedua. Jakarta : Balai Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur.1982. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Published
2019-07-30
Section
Articles