Penerapan Pembelajaran IPA Dengan Media Wayang Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Murtini
Keywords: Wayang Sains, Hasil Belajar

Abstract

Wayang sains merupakan media yang menarik untuk digunakan, sehingga siswa menjadi tertarik untuk mempelajari IPA. Penelitian dilakukan di kelas VIII-C MTs Negeri Mojosari Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode PTK model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil yang cukup baik terlihat dari nilai rata-rata siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 65,02 dengan 22 siswa lulus(64,7%). Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 80,91 dengan 29 siswa lulus (85,3%). Dengan demikian penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media wayang sains dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Kosasih, N. & Sumarna, D. 2013. Pembelajaran Quantum Dan optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2013). Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sulipan & Siswandi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Cara Mudah Menerapkan Metode Pembelajaran dan Menuliskan Laporan PTK. Tanggerang: CV Buana Semesta.
Yaumi, M., & Damopolii, M. 2014. Action Research: Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Published
2019-07-30
Section
Articles